Rabu, 29 April 2015

MENGHITUNG HARI : JOB FAIR UNIVERSITAS JEMBER SESI I ^^

Benar-benar bulan yang penuh dengan kesempatan. Baru kemarin Hotel Aston menjadi tempat dihelatnya bursa kerja oleh Job For Career seperti yang pernah saya kunjungi di Kartini Imperial Building Malang, beberapa hari ke depan agenda serupa akan hadir lagi di Kota Jember. Dimana?

One Step to Destiny Selangkah Menuju Takdir Kita spanduk bursa kerja job fair sesi I universitas jember gedung soetardjo tanggal 4 dan 5 mei 2015 jalan kalimantan nomor 37 kampus tegalboto
Selangkah Menuju Takdir Kita
Selamat malam, Rekan-rekan Pembaca! Semoga sehat dan senantiasa diberikan kemudahan hidup bagi Rekan-rekan Pembaca sekalian. Pada kesempatan ini, saya ingin menginformasikan agenda bursa kerja yang akan dilaksanakan di pekan awal bulan Mei nanti. Ingin tahu? Simak berikut ini:

JOB FAIR

UNIVERSITAS JEMBER


Sesi I | 4-5 Mei 2015
Gedung Soetardjo
Jalan kalimantan Nomor 37, Kampus Tegalboto

Pameran - Presentasi Perusahaan
Wawancara - Rekrutmen Tenaga Kerja

Info Lanjut:
LP3 Unej (0331) 324 088
Agung Budi, M.Si 0822 3060 2528
Diah Ambar, S.E 085 259 345 007

Terbuka Untuk Umum, Lulusan SMA/SMK/D3/D4/S1, & Mahasiswa

Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3)
Universitas Jember
Jalan Kalimantan No. 37, Ged. SAC - Campus Center, Jember 68121
Telp/Fax: (0331) 324 088, http://lp3.unej.ac.id, email: lp3@unej.ac.id

Sudah siap memasukkan lamaran? :) Sejauh ini tidak ada informasi tambahan seputar waktu kegiatan dan profil perusahaan peserta. Untuk HTM, tidak berbeda dengan kegiatan sebelumnya, insya Allah, kegiatan kali ini "hanya" memungut tarif sebesar Rp. 25.000,00.

Ada beberapa saran tambahan yang tidak pernah saya berikan pada artikel-artikel sebelumnya terkait "etika" memasukkan lamaran kepada suatu perusahaan. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari salah seorang perwakilan perusahaan dalam kegiatan Job For Career di Hotel Aston kemarin, ada satu kebiasaan yang membuat berkas lamaran seseorang dieliminasi sebelum dibaca. Apa itu? TERLALU TEBAL!

Yang dimaksud terlalu tebal adalah terlalu banyaknya dokumen terlampir di dalam berkas surat lamaran kita. Lazim kita temui atau kita lakukan dalam setiap memasukkan lamaran kepada suatu perusahaan, berbagai dokumen penunjang mulai dari daftar riwayat hidup sampai dengan piagam penghargaan kita lampirkan ke dalam satu berkas. Menurut logika kita hal ini baik, namun tidak dengan tim HRD.

Berkas yang terlalu tebal secara psikologis dianggap membebani kinerja mereka dalam mensortir pelamar kerja. Hal ini menjadikan mereka enggan memeriksa dan membaca surat lamaran kita dalam hal berkas lamaran kita terlalu tebal. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang harus dipastikan sebelum kita memutuskan akan memberikan dokumen terlampir atau tidak. Berikut hal-hal yang wajib kita pastikan tersebut:
  1. Baca dengan Baik Petunjuk Pengiriman Lamaran. Di akhir sebuah iklan lowongan biasanya tercantum berkas tersebut harus dikirimkan secara online atau via pos atau bahkan walk in inteview. Hal ini berpengaruh pada kuantitas dokumen atau ukuran file untuk kita kirimkan. Semisal, jika dikirim melalui surat elektronik, mana yang lebih membebani tim HRD: berkas lamaran dengan ukuran file 100KB atau berkas lamaran berukuran 1MB? Hal ini diterangkan dalam iklan tersebut pada umumnya.
  2. Baca dengan Teliti Kelengkapan Berkas. Ada perusahaan yang hanya meminta surat lamaran dan CV (curriculum vitae, daftar riwayat hidup). Akan tetapi, tak jarang pula yang meminta berkas lengkap, termasuk ijazah dan transkrip nilai hingga surat referensi kerja. PATUHI KEMAUAN PERUSAHAAN! Ini saran yang saya dapat kemarin. Kelebihan atau kekurangan berkas pada surat lamaran kita berakibat pada menumpuknya berkas lamaran kita di tempat sampah perusahaan.
  3. Baca dengan Detail Kualifikasi Pelamar. Hal ini saya dengar dari perwakilan perusahaan sebuah bank. Pelamar yang nekad memasukkan lamaran tanpa kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan berakibat pada "peringatan dini" yang diberikan perusahaan pada data diri pelamar. Semisal, perusahaan A membutuhkan karyawan baru dengan pendidikan minimal S1 DAN pengalaman kerja minimal 1 tahun. Seorang bernama B adalah seorang diploma tanpa memiliki pengalaman. Jika B nekad memasukkan lamaran kepada perusahaan A, otomatis perusahaan tersebut akan menyingkirkan B dari antrian berkas BAHKAN (pada beberapa perusahaan), nama B akan dimasukkan ke dalam "daftar abu-abu" pelamar kerja. Hal ini disebabkan yang bersangkutan dianggap mempersulit perusahaan dengan menambah durasi kegiatan sortir berkas pelamar kerja. Daftar tersebut bisa dihapus dalam hal perubahan manajemen perusahaan atau pergantian peraturan perusahaan soal rekrutmen tenaga kerja.

Selain itu, belajar dari pengalaman kemarin, ada satu peluang besar bagi kita yang tidak memiliki kualifikasi tertentu dalam suatu lowongan. Peluang tersebut bernama PENGALAMAN.

proposal bursa kerja job fair sesi I universitas jember gedung soetardjo tanggal 4 dan 5 mei 2015 jalan kalimantan nomor 37 kampus tegalboto
Siap Tempur?!
Beberapa stan perusahaan yang saya kunjungi memberikan kesempatan berkarir bagi pelamar kerja di luar kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan dengan syarat MEMILIKI PENGALAMAN KERJA YANG CUKUP. Sebagai contoh, sebuah perusahaan membutuhkan kualifikasi D3 Sekretaris untuk posisi sekretaris direktur. Dalam hal ada pelamar kerja dengan pendidikan terakhir D3 Akuntansi yang memiliki pengalaman menjadi sekretaris untuk beberapa tahun (minimal setahun), hal ini tidak menutup kesempatan memasukkan berkas lamaran. Oleh karena itu, SEMPURNAKAN SURAT LAMARAN DAN CV Rekan-rekan Pembaca. Masukkan semua pengalaman yang Rekan-rekan Pembaca miliki sepanjang ada kaitan dengan posisi yang dilamar. Ingat, satu dim lampu kendaraan di siang hari dapat menarik perhatian pengendara di depannya. Demikian pula satu pengalaman kecil bisa jadi menarik minat tim HRD untuk menginterview awal kita. Sepanjang surat lamaran dan CV kita TIDAK LEBIH DARI 2 (DUA) LEMBAR KERTAS FOLIO, silahkan berkreasi!

Tunggu apa lagi? Segeralah Rekan-rekan Pembaca mempersiapkan diri! Sudah tak sabar menyandang status sebagai seorang karyawan, bukan? Sampai jumpa!

Catatan: Seperti yang sudah-sudah, bagi yang berminat di dunia sales & marketing, inilah saatnya! Hati-hati perusahaan abal-abal!

Sumber Gambar   : Dokumentasi Pribadi & LP3 Unej
Sumber Informasi : LP3 Unej.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik Saran Oke, Makian No Way. Mari Belajar Bersama, Mari Sukses Bersama!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...